Selasa, 19 Oktober 2010

Dibalik Kisah Hacker

Kutipan : Wicak Hidayat & Yayan Sopyan

Hacker memang sosok yang banyak menuai kontroversi. Makna Hacker itu sendiri bias bermacam-macam,sesuai perubahan zaman. Buku ini berusaha menampilkan dua sisi hacker,sisi pertama adalah mereka yang menggunakan kemampuan teknisnya untuk mengembangkan dunia teknologi informasi dan computer.Kelompok ini kerap disebut dengan istilah White-Hat Hackers. Sedangkan di sisi lain adalah mereka yang menggunakan kemampuan teknis untuk melakukan sesuatu yang melanggar batas-batas norma dan etika.Inilah kelompok Black- Hat Hackers,kelompok yang sangat dekat dengan kejahatan elekronik. Namun, sebenarnya dunia hacker tidak hitam-putih,istilah White-Hat dan Black Hat tidak bisa jadi harga mati.Umumnya seorang yang bergerak di bidang computer dan gemar melakukan kreasi dan eksperimen,terutama di bidang keamanan computer,lebih cocok dimasukkan dalam golongan Gray-Hat Hackers,hacker topi kelabu. Semoga melalui buku ini pembaca dapat melihat hacker secara utuh dan memahaminya tanpa prasangka lagi.Bahkan etos hacker sebenarnya merupakan sesuatu yang layak untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,selama koridor etikanya dipenuhi, Jadilah seorang hacker!


Aku Ingin Menjadi Seorang Hacker
Ketika pertama kali mengenal computer,rasa ingin tahu menyergap.Begitu banyak hal yang bisa dilakukan oleh sebuah computer,saya bertanya-tanya apa yang menyebabkannya demikian. Jika sedang iseng, saya akan mengetikkan perintah-perintah yang tidak dikenal oleh computer. Meski selalu dijawab dengan –Bad Command or File Name- saya tidak peduli. Lalu seorang teman menunjukkan bagaimana ia bisa menampilkan namanya setiap kali computer dinyalakan.Dan saya mempelajarinya.menghapal setiap kode yang dibutuhkan untuk menyusun balok-balok putih di layer.Dan ketika saya berhasil menampilkan nama saya di layer,saya sangat bangga. Kemudian teman saya itu dating lagi dengan kemampuan lain.Ia bisa membuat pertanyaan yang harus dijawab sebelum seseorang bisa menggunakan komputernya. Maka saya pun belajar,saya meneliti setiap baris kode-kode yang digunakannya.Mencoba membuat hal itu. Kemudian mata saya terbuka.Semua yang bisa dilakukan pada computer, mulai dari mengetik hingga bermain game,merupakan buah kode-kode seperti yang sedang saya pelajari. Saya pun tahu apa yang ingin saya lakukan kemudian. Saya tahu apa,tetapi ketika itu saya belum tahu namanya.Sejak dulu,saya ingin menjadi seorang hacker. Biarkan mereka tidak mengerti apa-apa saya menghabiskan berjam-jam di depan layer computer.Biarkan mereka bilang saya kurang pergaulan atau introvert. Peduli apa saya dengan mereka?Inilah duniaku,dunia yang tersusun hanya dari angka-angka nol dan satu.
Definisi Hacker
Mencoba mendefinisikan hacker sebenarnya seperti mencoba membuat semua orang tersenyum pada saat yang sama.Sebuah pekerjaan yang sulit untuk dilakukan dengan satu cara saja.Itu sebabnya tak pernah ada hanya satu definisi untuk hacker.
Definisi hacker umumnya terkait dengan,
1)kemampuan teknis,
2)kesukaan untuk menyelesaikan masalah,
3)rasa ingin tahu,
4)melaumpai batasan-batasan yang ada,baik dalam diri maupun dari lingkungan.
Dalam kamus yang lebih banyak dimengerti orang awam,karena ditegaskan penggunaannya oleh media massa,hacker diartikan sebagai penjahat yang menggunakan computer (cybercrime).Asal-usul kata hacker mungkin tak ada kaitannya dengan kejahatan, tetapi fakta di masyarakat istilah hacker telah begitu terkait dengan kejahatan, sehingga orang lebih mudah menyebut hacker adalah seorang penjahat yang menggunakan kemampuan computer daripada istilah lain. Dalam komunitas hacker yang bukan penjahat,istilah penjahat computer disosialisasikan dengan sebutan Cracker. Menurut mereka perbedaannya sederhana,hacker membuat sesuatu,sedangkan cracker menghancurkan atau merusaknya.


MANIFESTO HACKER
Ada semacam romantisme kenakalan remaja pada budaya hacker. Napas-napas pemberontakan yang memikat,sama memikatnya seperti Jim Morisson, Che Guevara, Soe Hok Gie, Chairil Anwar, Iwan Fals, atau Eminem. Romantisme tersebut berasal dari idealisme kebebasan dan rasa ingin tahu.Seperti tercermin dalam dokumen ‘The Conscience of a Hacker’ (Hati Nurani Seorang Hacker)yang dituliskan seorang bernama The Mentor. Berikut cuplikan dokumen yang kerap disebut ‘Manifesto Hacker’itu:
Inilah dunia kami…dunia electron dan switch,beauty of the baud.Kalian menyebut kami penjahat.. karena kami menggunakan layanan yang sudah ada tanpa membayar, padahal layanan itu seharusnya sangat murah jika tidak dikuasai olej orang-orang rakus. Kami kalian sebut penjahat.. karena kami gemar menjelajah. Kami kalian sebut penjahat… karena kami mengejar ilmu pengetahuan. kami ada tanpa mengejar ilmu pegetahuan.Kami ada tanpa warna kulit,tanpa kebangsaan,tanpa bias agama.. tapi bagi kalian kami penjahat.Kami adalah penjahat... sedangkan kalianlah yang membuat bom nuklir, mengobarkan peperangan, membunuh, berbuat curang, berbohong, dan berusaha membuat kami percaya bahwa itu semua demi kebaikan kami. Ya, aku adalah penjahat. Kejahatanku adalah keingintahuanku. Kejahatanku adalah menilai orang berdasarkan perkataan dan pikiran mereka, dan bukan berdasarkan penampilan mereka, dan bukan berdasarkan penampilan mereka. Kejahatannku adalah menjadi lebih pintar dari kalian, sebuah dosa yang tak akan bisa kalian ampuni Aku adalah hacker, dan inilah menifestoku. Kau bisa menghentikan satu, tapi kau tak bias menghentikan semuanya… bagaimanapun juga, kami semua sama.(The Mentor,1986)

Kemampuan vs Penampilan
Lebih dari semua tindak-tindak dan ciri budaya itu,menjadi seorang hacker berartimemiliki kemampuan tertentu.Dan kemampuan itu,keahlian itu,tak bisa tergantikan olehapapun.Keahlian adalah emas bagi para hacker.
Seorang yang diakui sebagai hacker,baik dalam arti baik maupun buruk,selalu seseorangyang memiliki kemampuan ‘menakjubkan’Bagaikan ahli-ahli kungfu dalam cerita-ceritasilat dari mandarin,seorang hacker dengan kemampuan tertinggi biasanya justru tidaksesumbar.Hacker paling tidak harus menguasai lebh dari satu bahasa pemrograman.Dan bahasapemrograman yang dikuasainya disarankan bukan ‘Basic’.Ada banyak bahasapemrograman yang bisa dikuasai hacker,mulai dari Pyhton,Java,Lisp,Perl,hingga C danC++.Masing-masing membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk dikuasai.Dalam dunia yang semakin terhubung,karena internet yang semakin merasuk dalamkehidupan manusia.hacker juga harus memahami cara kerja jaringan internet.BahasaHTML (hypertext markup language) harus menjadi semacam ‘bahasa ibu’bagi mereka.Seorang hacker tanpa kemampuan,tetapi kerap sesumbar di forum-forum online,hanyalah‘tong kosong’ yang bising dan menganggu.’Hacker palsu’ini biasanya akan bernasibtragis:dipermalukan seumur hidup atau ‘mati’ tanpa pernah diingat.
Tanpa Jenderal,Tanpa Presiden
Dunia para hacker adalah komunitas’ada dan tiada’.Anda tak akan menemukan ‘kartuanggota komunitas hacker dunia’tapi mereka benar-benar ada.Anggotanya diakui olehsesamanya dan mereka tak peduli apakah orang-orang lain mengakui hal yangsama.Kadang,mereka bahkan tak mau disebut sebagai hacker.Tak ada pimpinan di dunia hacker,baik de faco maupun de jure .LinusTorvalds,misalnya,meski memimpin pengembangan kernel(bagian paling inti) system operasi Linux,bukan seorang pemimpin komunitas hacker.Jika Linus’mati’ada ribuan lainyang siap menggantikannya.Para pemimpin dalam dunia hacker,mereka yang kata-katanya berpengaruh besar,keraokali adalah orang-orang yang tak mau jadi pemimpin.Oleh karena itu jarang sekalimereka bertindak otoriter dan membuat sebuah keputusan dengan pertimbangan pribadisaja.Selalu ada aura kebebasan dalam setiap perkataan mereka,sekeras apapun pertanyaanitu.Komunitas seakan selalu diberi pilihan:’Anda boleh ikuti saya,boleh juga tidak’.Ada satu ungkapan yng cukup terkenal dalam komunitas hacker,’Show me thecode’Artinya,tunjukkan padaku kode(pemrograman)yang telah kamu buat.Ungkapan inimenegaskan dua hal:
1)bahwa hacker dinilai berdasarkan keahliannya membuat kodeprogram,dan
2)bahwa kode program seharusnya tidak terkunci tapi dapat ditunjukkanpada masyarakat luas.
Jika ada anggota komunitas yang membabibuta menyerang pihak tertentu,misalnyaMicrosoft,kepadanya akan dikatakan ‘show me the code’.Ini adalah sebuahpertanyaan,apakah ia pernah berbuat sesuatu yang kongkrit untuk melawan Microsoft.
Dengan membuat kode program yang mampu menyaini Microsoft.Jika tidak,sebaiknya
orang itu diam dan kembali bekerja.

White-Hat Hackers
White-Hat Hacker,hacker dengan topi putih,adalah tokoh-tokoh yang mengagumkan darisegi pencapaian teknis dan filosofis mereka yang turut mengembangkan budaya hacker didunia.Ini adalah tokoh-tokoh yang ikut mendorong banyak revolusi dalam dunia computer danteknologi informasi.Mereka yang berani melakukan kreativitas di luar kebiasaan sehari-hari.Merekalah pemikir-pemikir out-of-the-box,revolusionis dalam dunia yang semakin kabur.

Tim Berners Lee:
Sang Ksatria Penemu Web
Ada sekian ratus juta orang saat ini mengakses Internet.Dan sebagian besar dari merekamenggunakan Internet untuk mengakses web dalam mendapatkaninformasi,memanfaatkan layanan-layanan email gratis lewat web,dan lain-lain.Tapi hanyasedikit saja yang tahu siapa penemu web.Sang penemu web itu adalah Tim Berners-Lee.Banyak orang bilang,ia dikenal cukup pendiam,Bahkan ada orang yang menyebutnyasebagai lelaki pemalu dengan gaya bicara yang lembut dan pelan.Pernyataan – pernyataannyatidak terlalu banyak dapat ditemukan di media massa.Itulah sebabnyaketika bukunya yang berjudul “Weaving The Web” diterbitkan,cukup banyak yangberminat.Bagaimana dengan kisah kehidupan pribadinya?Apalagi!Bukan saja pelit,dia bahkanbenar-benar menghindar publikasi kehidupan pribadinya di media massa.Di salah satuhalaman FAQ situs webnya ada pertanyaan,”Bisakah Anda cerita lebih banyak tentangkehidupan pribadi Anda?”,tanpa ragu dia menjawab”No,I can’t.”Ia selalu menolakmenjawab pertanyaan mengenai istri dan kedua anaknya,meskipun sebuah fotobergambar dua kepala bocah terpampang menjadi dekorasi di kantornya.Baginya dengan menemukan teknologi yang paling berpengaruh abad ini tak berarti iaharus menjadi pesohor.”Dalam konteks publik,tidak apa aku ditunjuk sebagai penemuWorld Wide Web .Yang aku mau,citra itu dipisahkan dari kehidupan pribadi,sebabkesohoran dapat menghancurkan kehidupan pribadi,”ujarnya kala itu.Pada tahun 2004 Tim memperoleh penghargaan sebagai Ksatria oleh Kerajan Inggris(Knight Commander of the Order of the British Empire) karena jasanya menemukanWeb.Terkait dengan itu Tim menyebut temuannya itu dengan sebutan ‘hanya sebuahprogram’
ANAK SARIPATI ZAMAN KOMPUTER
Tumbuh di London pada athun 60-an.Tim Berners-Lee adalah anak saripati zamancomputer.Darah computer memang mengalir di lelaki kelahiran London 8 Juni 1955ini.Kedua orangtuanya,Conway dan Mary Berners-Lee adalah pasangan ahli matematikayang turut dalam tim pemrograman computer pertama yang dijual secarakomersial:Ferranti Mark I.Mary Berners Lee pernah dijuluki”programmer computerKomersial pertama”sebab dia akan ikut ke tempat pelanggan ketika mesin computerdiinstal.Kedua orang tuanya,yang sama-sama ahli computer itu,yang mengajarkan Berners-Lee
untuk berpikir tidak konvensional.Pasangan Conway dan Mary Berners-Lee mengajari
anak-anaknya untuk menikmati matematika kepanpun,dan mengajar mereka bahwamatematika bisa muncul di mana pun.Bayangkan,pada jam-jam sarapan atau selagi anak-anak lelaki lain bermain sepakbola diluar rumah keluarga di Barnes,South London,Berners-Lee justru berada di dalam rumahmemainkan permainan nomor yang diciptakan oleh orang tuanya.Dan jangan salah, yang ia mainkan bukan nomor - nomor sembarangan, tapi nomor-nomorimajiner. Misalnya,berapakah akar kuadrat minus 4? Dan tahukah mainan apa yang ia buat semasa kecil?Komputer-komputeran yang ia buat
dari kardus.Sejak kecil pun ia tergila-gila pada elektronika.

KARIR BERNERS LEE
Pernah satu hari semasa masih sekolah SMU,ia melihat ayahnya sedang menyiapkansebuah bahan ceramah mengenai computer untuk Basil de Ferranti.Ayah dan anak lalu
ngobrol tentang betapa otak manusia mempunyai keungulan yang unik melebihicomputer,sebab otak manusia dapat menghubungkan konsep-konsep yan sebelumnya
seperti terpisah-pisah. Misal, jika orang sedang berjalan dan melihat pohon yang bagus,diamungkin berpikir betapa keteduhan taman yang ada dalam naungan pepohonan,dankemudian memikirkan halaman belakangnya,dan lalu ia memutuskan untuk menanamsebatang pohon peneduh di belakang rumahnya.bagi Berners-Lee muda,obrolan inimemberi kesan yang kuat mengenai potensi-potensi computer untuk mampumenghubungkan dua potong informasi apapun yang semula tak berkaitan.Kegilaannya pada elektronika dan didikan orang tuanya mengenai matematika rupanya
mendorong Berners-Lee untuk memilih fisika teoritis ketika ia kuliah di Queen’s College
Oxford University,yang ia masuki pada 1973.Berners-Lee mengira,fisika merupakansemacam kompromi antara matematika dan elektronika,antara teori dan praktek.Toh Berners-Lee akhirnya mengakui,”Nyatanya tidak begitu,Tapi fisika itu istimewa dansangat hebat.Fisika itu istimewa dan sangat hebat.Fisika itu menyenangkan danmerupakan persiapan yang bagus untuk menciptakan sebuag system global.”Kelak,latar belakang pendidikan fisikana ini cukup memengaruhi temuannya.”Difisika,”kata Tim,”Anda belajar memikirkan beberapa aturan matematika sederhana padaskala mikroskopis,yang ketika diskalakan akan menjelaskan kelakuan makroskopisnya.Diinternet,kita mencoba untuk menggagas protocol-protokol computer yang ketikadiperhitungkan keskala makroskopis akan menghasilkan suatu ruang informasi dengan
properti-properti yang kita suka.”
Semasa kuliahnya inilah ia mulai mewujudkan mimpi masa kecilnya,Berners-Leemembuat komputer mainan dari kardus,maka pada saat kuliah ini ia menyolder sendiri
komputer pertamanya yang ia bikin dengan prosessor M6800 dan televisi bekas!Selepas kuliah pada 1976,pekerjaan yang diambilnya,tak jauh-jauh dari computer.Selamadua tahun ia bekerja di Plessey Telecommunications Ltd,sebuah pabrik peralatan Telkom besar di Inggris.Di sana ia mengerjakan system transaksi terdistribusi,relay pesan,dantekonologi barcode.Tahun 1978 ia bergabung dengan D.G Nash Ltd,ia membuat softwaretypesetting untuk printer,dan sebuah system operasi multasking.Perkawinannya yang pertama dengan Jane Nortcode,yang juga seorangprogrammer,berakhir di ujung decade 70-an.Tak lama kemudian selama satu tahun iabekerja sebagai konsultan independent.Disusul enam bulan kemudian,mulai Juni sampaiDesember 1980,ia bekerja sebagai konsultan softaware di CERN.CERN adalah kependekan dari Conseil Europeen pour ia Recherche Nucleaire.Lembagaitu sekarang disebut European Particle Physics Laboratory ,tapi masih disebut denganakronim “CERN”.Disanalah ia bertem dengan istri keduanya,Nancy –putri seorangpengacara York yang kaya.Sepertijuga Tim,Nancy juga seorang ahli computer yangbekerja I World Health Organisation.Fasilitas CERN berlokasi di sebuah area yang indah di pegunungan Jura dekat perbatasanPrancis tak jauh dari Jenewa,Swiss.Asal tahu saja,CERN begitu besar dankompleks,dengan ribuan periset dan ratusan system.Kondisi ini melahirkan kuman gagasan di benak Tim.Dengan tekun ia membuat programkomputer yang dapat bekerja seperti otak manusia,membuat semua link yang pastiantarfile yang berbeda yang tersimpan di komputernya.Yang ia kembangkan adalahsistem hypertext untuk mencatat beberapa hal:
1.Siapa bekerja dalam sebuah proyek apa.
2.Software apa berasosiasi dengan program apa.
3.Software apa yang jalan di komputer yang mana.
Sistem hiperteks pertamanya ini ia sebut Enquire.Berners-Lee memilih nama Enquireuntuk sistem hiperteks-nya itu setelah ia menemukan sebuah buku tua yang pernah ada
semasa kecilnya dulu di rumah orang tuanya.Buku berjudul “Enquire Within uponEverything” ,yang menyajikan serangkian tip dan saran rumah tangga.Buku inimemesona Berners-Lee muda,dengan keyakinan bahwa buku itu berisikan jawaban untukmasalah apa pun di dunia.Enquire tak pernah dipublikasikan,Sistem ini ia pakai untuk keperluannyasendiri.Namun, program ini telah membentuk basis konseptual pengembangan masadepan Worl Wide Web.

Dari 1981 sampai 1984,Berners-Lee bekerja di Image Computer SystemsLtd,bertanggung jawab untuk urusan desain teknis.Di sini ia menggarap softwarekomunikasi dan grafis,serta sebuah bahasa makro generik.



2 komentar:

ysabrahamsz mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
jemi mengatakan...

memang diindonesia sangat banyak para hacker,.,tp yg diakui dunia cuma beberapa orang,.,. aqu pingin diakui,.,., amin,.,.,.,.,

Posting Komentar

Yang TOP